Posted by : Unknown Jumat, 21 Februari 2014



Keberadaan pabrik di sekitar pemukiman masyarakat berkontribusi kerusakan lingkungan, perubahan iklim ekstrim dan global warming. Saat ini berkembang konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan untuk menuntut kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. CSR harus memenuhi sifat corporate community  relations atau membangun hubungan masyarakat dengan perusahaan dan community development yang lebih bernuansa pemberdayaan masyarakat. PT Semen Padang adalah perusahaan yang ingin mengembangkan industri berwawasan lingkungan dengan Corporate Social Responbility (CSR) melalui perbaikan ekonomi dan sosial serta lingkungan masyarakat di sekitar perusahaan. Perwujudan CSR tersebut dibentuk dalam PKBL ( Program Kemitraan dan Bina Lingkungan).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Semen Padang sebagai bagian bentuk kontribusi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Mendeskripsikan proses perumusan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Semen Padang sebagai bagian bentuk kontribusi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan mendeskripsikan pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Semen Padang sebagai bagian bentuk kontribusi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang dan teknik pemilihan informan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Tulisan ini menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik Blummer. Teori tersebut menjelaskan bahwa manusia menilai sesuatu, memberikannya makna dan memutuskan untuk bertindak berdasarkan makna itu. Maka CSR dan implementasinya dipandang sebagai persoalan interaksi sosial antar aktor-aktor.
Hasil dari penelitian ini adalah Peraturan Pemerintah menjadi sumber pemaknaan pelaksanaan CSR oleh PT Semen Padang. Perusahaan ini memaknai CSR sebagai mewujudkan kewajiban perusahaan sesuai Undang-Undang. Dalam mewujudkan kewajiban melalui komitmen untuk tumbuh kembang bersama lingkungan, yaitu Pemangku Kepentingan melalui Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL). PT Semen Padang mampu mewujudkan peningkatan citra perusahaan (corporate image) untuk mewujudkan kriteria ISO 26000. CSR tersebut diterapkan tidak hanya untuk eksternal (perusahaan dan kesejahteraan karyawan) tetapi juga untuk warga masyarakat dan stakeholder.
Mitra binaan, binaan, sapi, kandang, material bangunan dan jumlah maupun nominalnya sebagai objek dan proses penyampaian citra bagi perusahaan PT Semen Padang. Implementasi program melibatkan banyak pihak, yaitu staff PT Semen Padang, pemerintah dan warga masyarakat. Bentuk program cenderung berderma dan karitatif. Perencanaan baik dalam keputusan bantuan dan proses pelaksanaan program yaitu Top Down dan pelaksanaan tersebut terangkum dalam pembinaan perusahaan terhadap binaan dan mitra binaannya. Secara tidak langsung, menimbulkan kondisi masyarakat yang ketergantungan atas bentuk dan pemberian bantuan ke warga masyarakat.
PT Semen Padang menyatakan telah melaksanakan CSR berdasarkan komitmen perusahaan yaitu kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan dan menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan stakeholders lingkungan dan peraturan. Tokoh-tokoh dan organisasi masyarakat memandang bahwa implementasi CSR PT. Semen Padang memiliki kelemahan dalam transparansi pendanaan, keterlibatan pemangku kepentingan kunci serta partisipasi pemangku kepentingan kunci. Masyarakat yang berada di range satu menilai terjadi ketidakadilan kontribusi bantuan dengan masyarakat selain di range satu, seperti bantuan yang diberikan pada warga masyarakat kota Padang. Ketidakadilan, kecemburuan serta konflik baik secara vertikal maupun horizontal juga muncul antar kelurahan di range satu, baik antar anggota masyarakat dengan PT. Semen Padang maupun antar warga masyarakat. Instabilitas sosial muncul ketika dampak positif dan dampak negatif yang dirasakan warga masyarakat tidak seimbang dan merata.


kESIMPULAN DIATAS ADALAH HASIL PENELITIAN ILMIAH DI UNIVERSITAS ANDALAS, TAHUN 2012.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

lencana facebook

https://www.facebook.com/badges/profile.php

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Blogger templates

- Copyright © tintapena -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -